Bagaimana Don Vierra Menjadi Konsultan Terkenal Dunia dalam Sistem Informasi Kesehatan?

Kesehatan

Bagi mereka yang di Informatika Kesehatan, nama “Vieira” mungkin tidak terdengar aneh. Immanuel Antonius, yang secara profesional dikenal sebagai Don Vieira, adalah seorang konsultan yang sukses dan independen yang telah mencapai cakrawala di luar harapan. Technoprenuer yang berusia 32 tahun telah menandai proyek, yang sebagian besar konsultan masih anggap sebagai mimpi. Sementara ia dibesarkan di Namibia, keahlian dan keterampilannya tidak pernah terbatas pada batas-batas. Jika Namibia adalah rumah utamanya, stasiun kerjanya atau stasiun tugas yang dikontrak telah menjadi tempat tinggal sekunder tempat ia biasa menghabiskan sebagian besar harinya.

Sejauh menyangkut latar belakang akademisnya, ia memegang gelar Honours dalam Ilmu Komputer, diploma lanjutan dalam Pemantauan dan Evaluasi, sertifikasi Sistem Informasi Kesehatan (HIS) dan gelar master di bidang Biometrik dari Universitas Paris – Est créteil di Perancis.

Seperti mimpi orang yang terkait dengan raksasa teknologi seperti Facebook atau Google, ia mencapai tonggak sejarah melayani untuk raksasa serupa di sektor kesehatan. Beberapa asosiasinya yang terkenal adalah dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), Inisiatif Akses Kesehatan Clinton (CHAI), IntraHealth International , Global Fund, Population Service International (PSI), Jay Snow Inc. dan daftarnya terus berlanjut.

Terlepas dari pengalamannya dalam informatika kesehatan, bahasa adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan statusnya. Pemahamannya tentang tujuh bahasa, termasuk Inggris, Spanyol, Prancis dan Portugis, telah membantunya berurusan dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda. Dengan kata lain, tidak pernah ada kekuatan yang menghentikannya untuk mencapai tujuannya di seberang perbatasan.

Dengan Sepuluh (10) tahun pengalaman, ia telah membangun dan mendukung beberapa sistem nasional seperti e-Health, Malaria, TB, PMTCT, Nutrisi, VMMC dan HIV – hanya untuk menyebutkan beberapa. Dia juga melatih lebih dari 20.000 orang termasuk pejabat pemerintah, manajer, perawat, dokter, dan orang-orang teknis untuk membawa perubahan signifikan dalam metode mereka dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Vieira telah mengembangkan hubungan profesional yang kuat dengan beberapa organisasi di Kenya, Uganda, Mocambique, Afrika Selatan, Namibia, Angola, Jerman, India, DRC, Zambia dan Amerika Serikat. Sebagian besar dari mereka biasa mengagumi tekad dan keterampilannya untuk memberikan yang terbaik di setiap area.

Jika dia ditugaskan untuk suatu pekerjaan, tidak ada kekuatan yang dapat menghentikannya dari mengubah seorang pemula menjadi seorang ahli. Berikut adalah tiga dari beberapa tonggak penting yang memulai kariernya:

1. Eksperimen Pilihan Terpisah untuk apoteker – ia bekerja dengan Dr. Peter Rockers, asisten profesor di Departemen Kesehatan Global di Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Boston, untuk membawa perubahan nyata dalam informatika kesehatan. Pada saat percobaan, Dr. Peter Rockers berada di Harvard Medical School.

2. Vieira mengenakan sepatu besar ketika ia mengambil alih posisi Penasihat Teknis HIS dari Jim Sitzer, yang kemudian menjadi Direktur Kesehatan Masyarakat untuk Departemen Kesehatan Kabupaten Umatilla, Oregon di AS.

3. Selama usaha Vieira sebagai Penasihat Teknis untuk JSI, ia mengembangkan fasilitas induk berbasis web (MFL) untuk Namibia. Ini terdiri dari peta yang menunjukkan lokasi semua fasilitas kesehatan masyarakat di negara itu. Daftar ini bertujuan untuk membantu layanan penempatan publik yang disediakan oleh fasilitas kesehatan terdekat, di sisi lain, juga bertujuan untuk memandu kementerian kesehatan dalam perencanaan dan pemerataan. dalam alokasi dan distribusi sumber daya. MFL dibangun berdasarkan pedoman WHO

Karena masalah konektivitas internet di sebagian besar pedesaan, Pekerja Penyuluh Kesehatan terpaksa menggunakan register kertas untuk mengumpulkan informasi pasien. Ini menyebabkan kualitas data yang buruk karena kertas akan sobek atau hilang. Dengan dorongan untuk menemukan solusi yang tepat, ia menciptakan aplikasi seluler yang memiliki kemampuan untuk menyimpan data tanpa konektivitas internet.

Selama beberapa tahun terakhir, Vieira telah memenangkan beberapa penghargaan dan mendapatkan pengakuan internasional untuk keahlian konsultasinya. Upaya-upayanya juga berhasil menarik audiensi baru termasuk pembuat keputusan berpengaruh dari otoritas pemerintah ke LSM. Semangatnya untuk inovasi dan Technopreneurship adalah apa yang selalu membuatnya berbeda dari orang lain.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*